Mengenal Perbedaan Cappuccino, Latte, Espresso, dan Mochaccino

Mengenal Perbedaan Cappuccino, Latte, Espresso, dan Mochaccino

Jangan ngaku sebagai pecinta kopi kalau Anda tidak tahu perbedaan mengenai minuman kopi yang berkembang di era modern. Kini kopi tidak hanya disajikan dalam bentuk konvensional saja seperti kopi hitam di cangkir, tetapi dicampur dengan bahan lain yang tak kalah lezat. Mau menambahkan bahan susu, krimer, whipped cream, dan lainnya, sah-sah saja. Namun, sudahkah Anda memahami perbedaan tentang cappuccino, latte, espresso, dan mochaccino?

Kenalan dengan 4 jenis kopi kekinian, yuk!

Di kedai kopi yang memiliki deretan minuman berbasis kopi, sebaiknya Anda paham tentang perbedaan jenis kopi modern yaitu :

1.  Cappuccino

Merupakan jenis minuman kopi yang berasal dari Italia yang memiliki takaran sepertiga espresso, sepertiga susu cair dan sepertiga busa yang paling ikonik. Nantinya Anda bisa menambahkan bubuk coklat atau kayu manis di atas busa susu sehingga menciptakan tampilan cappucino ala kedai kopi kekinian. Tak hanya bisa membuat sendiri di rumah, ada pula banyak kopi dengan campuran susu ala cappucino dalam bentuk kemasan praktis.

2.  Latte

Merupakan jenis kopi yang sangat populer di Amerika pertama kali karena memiliki tekstur rasa manis dan lembut. Perbandingan takaran espresso dan susu pada secangkir latte sangat kontras bisa 1:3 atau 1:9. Ingin mendapatkan tampilan café latte yang sempurna, Anda bisa belajar membuat latte art yang unik seperti bentuk daun, wajah, hewan, dan lain-lain.

3.  Espresso

Dikenal sebagai kopi hitam kental yang memiliki citarasa pahit yang berbeda. Tidak sembarang orang bisa menyajikan secangkir espresso dengan rasa pahit yang khas. Jika ingin menggunakan alat pembuat kopi, pastikan Anda memilih biji kopi yang berkualitas seperti kopi arabika atau robusta.

Dalam penyajian espresso di Amerika, ada empat jenis takaran mengkonsumsi espresso sesuai selera masing-masing. Di Indonesia, espresso digilai oleh pecinta kopi sejati yang memiliki rasa kopi yang kental dan kuat.

4.  Moccachino

Kalau Anda tidak suka menikmati kopi hitam karena rasa pahit yang begitu kuat, maka bisa mempertimbangkan bahan lain sebagai campuran. Bagi pecinta cokelat, moccacino lebih disukai dibandingkan jenis kopi susu yang lain. Pasalnya, citarasa kopi yang kuat tetap terasa dengan tambahan bahan susu dan cokelat. Takaran yang bisa Anda gunakan untuk membuat secangkir moccacino nikmat di rumah adalah 2/5 cokelat, 2/5 espresso dan 1/5 susu cair.

Mengenal beberapa jenis kopi susu bisa menjadi referensi Anda yang bosan dengan kopi hitam. Tak perlu pergi ke kafe untuk menikmati secangkir kopi susu, Anda bisa membuat cappuccino, latte, espresso, atau mochacino di rumah. Pastikan Anda membeli bubuk kopi yang diekstrak dari biji kopi berkualitas agar bisa menghasilkan citarasa yang orisinal. Jika Anda punya mesin penggiling sendiri, pertimbangkan untuk membeli biji kopi mentah yang siap di-roasting medium atau sesuai selera.