Apa Itu CSV? Seberapa Penting Untuk Pengembangan Bisnis?

Apa Itu CSV? Seberapa Penting Untuk Pengembangan Bisnis?

Buat Anda yang mau menjalankan usaha, apalagi yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat. Perlu mengetahui apa itu CSV, yang merupakan salah satu syarat perusahaan dalam menjalankan usaha. Terutama untuk mensinkronkan hubungan baik antara jalannya bisnis dengan kesejahteraan lingkungan di sekitar perusahaan tersebut.

Awalnya CSV ini ditampilkan tahun 2006 oleh Michael Porter bersama rekannya Mark Kramer, kemudian berkembang menjadi satu konsep ideal yang menempatkan pelaku bisnis dan kesejahteraan di posisi yang sama dan saling mendukung.

Apa Itu CSV?

CSV merupakan salah satu konsep yang berkembang setelah Corporate Social Responsibility (CSR). Artinya secara gamblang adalah strategi bisnis dengan menempatkan kebutuhan sosial di lingkungan sekitar perusahaan serta masalah sosial yang terjadi sebagai salah satu poin penting strategi usaha.

Dengan begitu, sebuah bisnis bisa memberikan kontribusi dalam pembangunan dan kesejahteraan di lingkungan sekitarnya, termasuk membantu memaksimalkan peluang sebagai upaya menciptakan keunggulan yang lebih kompetitif antara perusahaan sejenis.

Pentingkah CSV Untuk Bisnis?

Mungkin Anda akan bertanya, apa sebenarnya poin penting dari memasukkan CSV dalam strategi perusahaan? Ada beberapa yang akan membuat Anda terbelalak, karena sungguh luar biasa efeknya bagi bisnis. Seperti yang sudah dilakukan Nestle di Indonesia selama ini.

  • Masyarakat Sebagai Pemangku Kepentingan

Dengan menerapkan sistem CSV dalam menjalankan bisnis, kemudian menjadikannya salah satu strategi. Maka akan ada kolaborasi antara internal perusahaan dengan masyarakat sekitar dalam bentuk kerjasama yang saling menguntungkan.

Jadi, posisi masyarakat bukan saja sebagai “penonton” adanya bisnis yang menjanjikan di sekitar mereka. Tapi terlibat langsung dan juga bisa menghasilkan keuntungan yang notabene berhubungan dengan kesejahteraan mereka.

  • Meningkatkan Reputasi

Ketika CSV yang dikembangkan mampu memberikan kontribusi positif bagi perusahaan, otomatis reputasi perusahaan tersebut akan meningkat. Ujung-ujungnya, semakin banyak pihak yang akan berkolaborasi dengan bisnis Anda.

Jadi, jangan abaikan CSV jika orientasi untung menjadi salah satu prioritas Anda di samping orientasi keberlanjutan dan hubungan baik dengan semua pihak yang terlibat dalam bisnis tersebut. Seperti Nestle yang sejauh ini sudah melakukan banyak program CSV yang berkualitas untuk Indonesia.

  • Mengubah Nilai dari Sosial Jadi Ekonomi

Memang butuh proses, namun ketika Anda bisa melakukannya, maka kepuasan bukan saja milik Anda Tapi juga milik masyarakat banyak. Contohnya, melalui kegiatan pembuatan kelompok keluarga yang mampu memaksimalkan aktivitas bisnis. Alhasil, Anda dapat untuk dan kesejahteraan keluarga yang dilibatkan juga meningkat dan tidak ada yang dirugikan.

Sangat terlihat jelas bahwa apa itu CSV. Bukan sekedar program yang menyempurnakan strategi sebuah bisnis, tapi juga mampu memberikan nilai lebih kepada perusahaan. Jadi mulai sekarang jangan lagi abaikan keterlibatan lingkungan dan masyarakat dalam bisnis Anda, imbasnya akan sangat dirasakan bukan saja oleh pelaku bisnis tapi juga banyak orang.